Kerugian Menggunakan Kabel Yang Tidak SNI

Sebagai pengguna listrik untuk kebutuhan sehari-hari, pastinya ingin menggunakan dan memakai listrik tersebut dengan aman dan murah. Akan tetapi kita harus memperhatikan kabel-kabel listrik yang kita pakai tersebut, jangan hanya melihat murahnya saja. Belum tentu kabel yang kita beli dengan harga murah tersebut merupakan kabel yang aman untuk kita gunakan untuk listrik yang kita butuhkan untuk dipakai setiap harinya. Hal tersebutlah yang nantinya akan menyebabkan banyak permasalahan yang bisa menjadi fatal dan menjadi ancaman untuk keselamatan kita sendiri. 

Oleh karena itu, ketika memilih dan membeli untuk kabel listrik tersebut, kita harus memperhatikan apakah kabel tersebut aman untuk digunakan yaitu salah satunya dengan melihat sudah memiliki Standar Nasional Indonesia atau belum. Hal tersebut harus diperhatikan dengan baik sebelum kejadian dan hal-hal buruk menimpa dan kita rasakan nantinya. 

  1. Biaya rekening listrik membludak 

Jangan kalian kira membeli listrik yang tidak ber Standar Nasional Indonesia (SNI) akan membuat biaya rekening listrik kalian tidak membludak dan akan jauh lebih murah dan hemat. Justru kabel listrik yang tidak memiliki SNI tersebutlah yang harus dicurigai untuk arusnya nanti. Akibatnya aliran listrik kalian tidak terkontrol dan justru dimanfaatkan oleh orang yang menjual kabel tersebut yang membuat tagihan rekening listrik kalian tidak terkontrol dan jadi membludak. Jadi, pastikan untuk kabel listrik yang kalian beli memiliki SNI agar tagihan rekening listrik kalian tidak jebol dan membludak.

  1. Sering terjadinya gangguan 

Dengan instalasi listrik yang disambungkan oleh kabel yang tidak memiliki SNI, akan membuat aliran listrik kita menjadi tidak maksimal yang akan menyebabkan banyak sekali gangguan. Jadi jangan berpikir bahwa biaya yang murah akan kalian rasakan banyak manfaatnya. Justru dengan kalian membeli kabel listrik yang mungkin lebih murah karena tidak memiliki Standar Nasional Indonesia tersebut, maka banyak sekali gangguan yang akan terjadi dan kalian rasakan kedepannya. Hal tersebut malah akan membuat kalian merugi bukannya mendapatkan untung.

  1. Korsleting listrik

Kabel listrik yang tidak memiliki SNI akan membuat instalasi listrik tersebut menjadi rentan akan masalah-masalah yang ada dan tidak aman pada waktu-waktu yang tidak terduga. Salah satu hal fatal yang akan terjadi dari korsleting listrik tersebut yaitu terjadi kebakaran. Hal tersebut akan membuat kerugian yang banyak bagi kalian, bukan hanya dari segi materi tetapi juga keselamatan nyawa kita. Jadi pastikan untuk kalian melihat kabel yang akan kamu beli tersebut sudah memiliki tanda SNI atau tidak.

  1. Kecelakaan rentan terjadi

Dengan kalian membeli kabel yang tidak jelas asal-usulnya dan hanya dengan melihat harganya yang sangat murah saja, maka akan merugikan kalian nantinya. Kabel yang tidak memiliki SNI tidak jelas bagaimana terbuatnya dan dengan bahan-bahan yang aman atau tidaknya. Kabel merupakan aliran yang akan menghasilkan listrik, jadi harus diperhatikan dengan baik karena akan mengakibatkan kejadian yang fatal apabila tidak dengan dasar dan bahan yang baik dan kuat. Apalagi bila dirumah kalian ada anak-anak yang masih dibawah umur, biasanya sering terjadinya yaitu anak kalian kesetrum akibat kabel yang tidak dengan bahan dan kualitas yang baik. Jadi pastikan untuk kalian membeli dan memiliki kabel yang memiliki SNI agar meminimalisir kecelakaan yang fatal akan terjadi pada diri kalian dan orang-orang sekitar.

  1. Rusaknya barang-barang elektronik

Hal yang merugikan jika kalian membeli dan menggunakan kabel yang tidak memiliki SNI yaitu, mudahnya dan rentannya kerusakan bagi barang-barang elektronik yang kalian miliki. Hal ini karena penyambungan kabel listrik yang kalian gunakan untuk kebutuhan barang-barang elektronik kalian merupakan aliran yang kurang baik dari kabel yang tidak SNI tersebut. Maka kerugian yang cukup menguras yaitu dengan perlahannya barang-barang eletronik kalian tersebut menjadi rusak dan tidak berfungsi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *